grobogan

Just another WordPress.com weblog

MARKAS PBB HANCUR DI GAZA CITY

KOTA GAZA – Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Kamis menghentikan operasi-operasinya di Gaza setelah kompleks mereka dihantam beberapa peluru Israel yang mencederai tiga karyawannya, kata seorang jurubicara.

“Peluru-peluru tank Israel jatuh di dalam kompleks UNWRA di Gaza, mencederai tiga karyawannya,” kata jurubicara Adnan Abu Hasna. “Kami memutuskan untuk menghentikan semua operasi kami,” katanya.

Salah satu dari gedung-gedung kami, yang berisi “ratusan ton” bantuan kemanusiaan,terbakar, sementara bagian-bagian lainnya kompleks itu rusak akibat kena peluru, kata seorang pejabat UNRWA lainnya yang tidak bersedia namanya.

Sebelumnya, kompleks itu rusak ketika sebuah peluru Israel mendarat dekat gedung itu, yang terletak dekat Universitas Islam di tengah Kota Gaza, kata Chris Gunnes, seorang jurubicara badan yang berpusat di Jerusalem dan menambahkan ratusan orang mengungsi di dalam kompleks itu ketika serangan menghantam lokasi itu.
ABD

[ Jum’at, 16 Januari 2009 ]
Israel Hancurkan Markas PBB di Gaza

KOTA GAZA – Serangan Israel di Jalur Gaza kian membabi buta. Kemarin pasukan Zionis itu menghancurkan markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Gaza yang digunakan ratusan pengungsi untuk mencari perlindungan. Padahal, pada hari yang sama Sekjen PBB Ban Ki-moon sedang mengadakan pertemuan dengan Menlu Israel Tzipi Livni di Tel Aviv untuk membicarakan masalah gencatan senjata.

Bom Israel juga menghancurkan rumah sakit, apartemen lima tingkat, dan kantor media massa di jantung Kota Gaza. Beberapa wartawan dikabarkan terluka parah. Hingga hari ke-20 agresi Israel, pihak kesehatan Gaza melaporkan, jumlah korban tewas mencapai 1.073 orang. Sekitar 355 adalah anak-anak dan 100 wanita. Sedangkan korban luka-luka mencapai 5.000 orang. Dari pihak Israel hanya 13 orang tewas, 10 di antaranya serdadu.

Melihat kantor PBB di Gaza dibom, Ban Ki-moon hanya bisa mengajukan protes ke pemerintah Israel. ”Saya protes keras dan minta penjelasan pada menteri pertahanan dan menteri luar negeri,” kata Ban kemarin (15/1). Tapi, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak hanya menganggap enteng masalah itu. Dia berkilah, itu hanya kesalahan teknis dan berjanji lebih melindungi fasilitas PBB.

Meski Kota Gaza terus dikepung, roket-roket Hamas tetap saja menghantam beberapa kawasan Israel. Dua roket yang diluncurkan Hamas dilaporkan menghantam Kota Ofakim di selatan Israel.

Sementara, lima roket lain diluncurkan ke arah Eshkol. Perlawanan pejuang Gaza pun belum surut. Pertempuran sengit terus terjadi di luar Gaza. Sebanyak 18 tentara Israel dikabarkan terluka dalam baku tembak di distrik Tal Al Hawa, selatan Gaza. Enam tentara terluka karena tank yang ditumpangi terkena tembakan roket antitank.

Pertempuran juga pecah di kota utara Jabaliya dan pasukan darat Israel yang dilindungi lusinan tank merangsek setidaknya satu kilometer memasuki kota selatan Khan Yunis. (AP/AFP/oki)

Iklan

Januari 16, 2009 - Posted by | berita, internasional, israel, palestina, perang, timur-tengah, Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: